Cara Membuat Cover Letter yang Menarik agar HRD Tertarik

 

Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Membuat Cover Letter

Bagi Anda yang merupakan seorang fresh graduate atau job seeker (pencari kerja), tentu sedang gencar dalam melayangkan lamaran kerja kepada perusahaan. Dalam lamaran kerja terlampir beberapa dokumen, salah satunya ialah cover letter (surat lamaran).


Sayangnya, masih ada banyak orang yang kurang memperhatikan cover letter. Padahal jika dokumen ini ditulis secara baik dan benar dapat meningkatkan peluang Anda untuk dilirik oleh HRD perusahaan yang dituju.


Nah, pada kesempatan ini artikel di bawah akan membahas lebih lanjut soal cover letter, fungsi, cara membuat, dan contohnya. Tak perlu basa-basi lagi, yuk simak pembahasannya!

Apa itu Cover Letter?


Arti cover letter adalah suatu dokumen berupa surat pengantar yang digunakan ketika Anda hendak mengirim lamaran kerja kepada sebuah perusahaan. Lampiran ini cukup sederhana, isinya hanya memuat kapasitas Anda sebagai pelamar kerja.


Namun, jangan lupa untuk menyajikan profil diri secara singkat agar Anda dapat dikenali oleh recruiter perusahaan. Lalu, sertakan pula informasi kontak dan alasan melamar. Pun usahakan tuliskan surat lamaran secara singkat dan padat dalam satu halaman.


Bila Anda telah membuat cover letter dengan baik dan menarik, akan memikat HRD untuk membaca dan meninjau lampiran cv atau resume lamaran. Jadi, peluang Anda untuk masuk ke dalam proses rekrutmen selanjutnya meningkat.

Ragam Manfaat Cover Letter


Mengapa cover letter perlu untuk Anda lampirkan saat melamar kerja? Berikut manfaat dari cover letter.

  1. Memberi Kesan Pertama Kepada HRD

Cover letter dapat berperan untuk “mengetuk pintu” dalam proses rekrutmen. Pasalnya, melalui dokumen ini Anda dapat memperkenalkan diri secara singkat sebelum berlanjut pada proses peninjauan cv. Apabila mampu menulis surat lamaran secara baik, HRD akan tertarik pada diri Anda.

  1. Membuat Dokumen Lamaran Lebih Hidup

Setiap pencapaian yang terdapat dalam CV Anda biasanya memiliki perjuangan unik untuk memperolehnya. Jadi, agar dokumen lamaran menjadi lebih hidup, Anda bisa menceritakan sedikit hal-hal unik dalam arti tetap profesional dalam cover letter.


Baca juga: Job Desc: Pengertian, Fungsi, Cara Membuat dan Contohnya


Dengan begitu, HRD bakal memberi Anda kesan pribadi yang unik dan berbeda dari kandidat lainnya.

  1. Menonjolkan Minat Anda

Melalui cover letter, Anda dapat memaparkan minat dan alasan mengapa melamar pada suatu posisi tertentu. Dengan begitu, HRD bisa mengetahui seberapa besarnya antusiasme pelamar dalam menyatakan minat kerja.

  1. Sampaikan Beberapa Pencapaian Terbaik

Manfaat keempat dari cover letter, yakni sarana dalam menyampaikan beberapa pencapaian terbaik dalam karier. Melalui hal demikian, HRD dapat menilai kapabilitas Anda untuk mengisi posisi yang dilamar. Bila pencapaian tersebut sejalan dengan posisi dilamar, tentu akan meningkatkan nilai Anda bukan?

Langkah-Langkah Membuat Cover Letter


Guna mengoptimalkan berkas lamaran Anda, perlu pemenuhan segala dokumen secara lengkap dan lugas. Artinya, Anda harus menyiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan oleh perusahaan.


Dalam menulis cover letter, usahakan untuk tidak mengulang informasi yang telah dicantumkan dalam cv atau resume. Mengapa? Karena cover letter berfungsi untuk melengkapi berkas lamaran. JIka informasi yang disajikan sama, tentu mubazir bukan?


Nah, berikut rincian dan penjelasan mengenai cara membuat cover letter.

  1. Awali dengan Salam Pembuka

Cara pertama dalam membuat cover letter adalah mengawalinya dengan menulis salam pembuka. Tujukan surat ini langsung kepada penerima lamaran atau HRD perusahaan. Anda bisa menulis nama dan jabatan recruiter yang bersangkutan.


Biasanya, nama recruiter tercantum pada informasi lowongan. Namun, jika tidak ada info tersebut, Anda bisa mencarinya melalui LinkedIn atau Google. Mengapa hal ini penting? Karena recruiter akan menilai Anda sebagai pribadi yang inisiatif dan antusias dalam melamar kerja.


Contohnya, seperti ini:


Kepada Yth.

Bapak Andi Suhadi HRD PT Sejahtera Terus Bersama

  1. Paragraf Utama

Dalam paragraf utama, Anda sampaikan alasan dalam melamar di perusahaan bersangkutan. Mulai dari tempat memperoleh informasi lowongan dan posisi yang hendak dilamar.


Baca juga: 10 Tips WFH yang Efektif Agar Produktivitas Kerja Terjaga


Lalu, paparkan juga  sedikit informasi mengenai profil dan latar belakang Anda. Selain itu, bisa juga Anda jelaskan mengenai kapan waktu bisa bergabung. Dengan demikian, berkas Anda bisa menjadi prioritas untuk diproses bila segala kualifikasi telah terpenuhi.

  1. Paragraf Kedua

Selanjutnya, uraikanlah alasan dalam melamar di posisi dan perusahaan bersangkutan. Anda dapat melakukannya dengan menulis hal-hal yang menarik minat dalam melamar di sana. Lalu, sampaikan juga apa yang Anda bisa lakukan untuk mengisi posisi tersebut.

  1. Paragraf Ketiga

Dalam paragraf ini, sampaikanlah kemampuan, pengalaman, dan pencapaian yang Anda miliki untuk posisi yang dituju. Melalui hal demikian, HRD akan meninjau Anda sebagai kandidat yang potensial. 

  1. Paragraf Keempat dan Penutup

Dalam paragraf terakhir, Anda bisa menyimpulkan atas segala kapabilitas yang dimiliki guna mengisi posisi tersebut. Lalu, akhirilah dengan salam penutup berupa ucapan terima kasih.


Contoh:


“Terima kasih telah membaca surat lamaran dari saya. Semoga Anda dapat mempertimbangkan lamaran ini. Saya tunggu kabar selanjutnya dari Anda.”

Contoh Cover Letter 


Jika Anda masih bingung untuk menulis cover letter, berikut contoh yang dapat menjadi referensinya.

  1. Contoh Cover Letter Fresh graduate


Adapun contohnya sebagai berikut:


Kepada Yth.

Bapak Andi Suhadi HRD PT Sejahtera Terus Bangun

Melalui email ini saya hendak melamar pekerjaan untuk posisi Content Writer di PT Sejahtera Terus Bangun sebagaimana diiklankan di laman LinkedIn. Saya seorang fresh graduate dari Universitas Indonesia Jurusan Komunikasi dengan nilai IPK 3,7.

Ketika berkuliah, saya pernah magang sebagai Content Writer di media Aktual Informasi Benar selama tiga bulan. Selain itu, saya pun pernah bekerja sebagai content creator di media kampus selama satu tahun.

Jika Bapak memerlukan informasi mengenai portofolio dapat menghubungi saya di nomor kontak 01234488.

Terima kasih telah membaca surat lamaran ini. Saya akan menunggu informasi dan kabar baik selanjutnya dari Anda.

 

Hormat Saya,

Dodi Setyadi

  1. Contoh Cover untuk Anda yang Berpengalaman


Jika Anda telah memiliki pengalaman kerja, dapat menjadi contoh ini sebagai referensi.


Kepada Yth.

Bapak Andi Suhadi HRD PT Sejahtera Terus Bangun

Saya bermaksud melamar kerja sebagai Manager Marketing di PT Sejahtera Terus Bangun seperti yang informasi lowongan yang disampaikan di laman Jobstreet.

Saat ini saya bekerja di PT Selalu Maju Membangun sebagai Koordinator Marketing Area dalam tiga tahun terakhir. Sepanjang lima tahun bekerja di bidang marketing, saya terlibat dalam beberapa proyek profesional dan mampu memenuhi target penjualan perusahaan.

Berikut pencapaian saya sebagai koordinator marketing:

  • Meningkatkan penjualan produk sebanyak 35% pada tahun 2020.

  • Memegang kendali alur penjualan domisili karena upaya branding.

  • Memiliki pengalaman dalam pelatihan peningkatan penjualan dan bersertifikasi resmi.

Saya meyakini bahwa kapabilitas di atas dapat memenuhi kebutuhan posisi Manager Marketing di perusahaan Anda.

Terima kasih telah meninjau dan mempertimbangkan saya. Akan ditunggu kabar selanjutnya dari Anda.

 

Penuh Hormat,

 

Rendi Agung

Baca juga: Apa itu Insecure? Berikut Gejala dan Cara Mengatasinya

  1. Contoh Cover Letter Magang


Bagi Anda yang ingin memiliki pengalaman magang, bisa mencontoh referensi di bawah ini.


Kepada Yth. Kepala HRD PT Sejahtera Terus Bangun


Perkenalkan saya Budi Diana mahasiswa semester lima, Jurusan Komunikasi, Universitas Pembangunan. Surat ini dibuat untuk merespons atas iklan lowongan magang Jurnalis di perusahaan PT Sejahtera Terus Bangun. 


Selama berkuliah, saya memiliki pengalaman aktif organisasi sebagai reporter di media kampus. Selama berorganisasi, saya mampu menulis tiga berita sehari. Selain itu, saya pun mampu mewawancarai narasumber dan observasi peristiwa yang sedang terjadi.


Bersama surat ini, saya lampirkan dokumen pendukung, yaitu:

  • Curriculum Vitae

  • Foto Terbaru

  • Surat Permohonan Magang dari Fakultas


Sekian surat lamaran saya sampaikan. Semoga dokumen lamaran ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Terima kasih atas waktunya.


Salam Hormat,



Budi Diana

Penutup

Demikian penjelasan mengenai pengertian cover letter, cara pembuatan, contoh, dan manfaatnya. Semoga uraian di atas dapat membantu Anda. Stay Positive!




1 Response to "Cara Membuat Cover Letter yang Menarik agar HRD Tertarik"

  1. terimakasih infonya, saya jadi mengerti bagaimana membuat cover letter agar supaya HRD tertarik

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel